Cintai dirimu terlebih dahulu!

Halooo teman-teman, welcome backk nihh balik lagi sama aku Rizka Nur Rahma. Nah disini aku akan bahas masalah mencintai diri sendiri. Yukkk simak pembahasannya.

"Ketika kita mencintai seseorang, biasanya karena dia memiliki hal positif yang kita sukai dan hal negatif yang bisa kita terima. Dalam self love, bayangkan orang itu adalah kamu sendiri, apakah kamu akan melakukan hal yang sama?"

Mencintai diri sendiri dapat diartikan bahwa kita bisa menerima, mensyukuri dan menyayangi apa yang ada dalam diri kita. Baik itu hal yang menyenangkan ataupun menyedihkan. Namun, bagi kebanyakan orang lainnya hal tersebut tentu bukanlah hal yang mudah untuk diterima begitu saja. Tidak mengalami sakit pun, banyak orang yang kurang dapat menerima dirinya yang menurut mereka ‘banyak kekurangan’. 

Augustinus Supratiknya, salah seorang guru besar Psikologi, mengungkapkan hal yang serupa bahwa self-acceptance merupakan kemampuan seseorang untuk menerima berbagai kelebihan dan kekurangan dirinya. Ahli psikologi lainnya seperti Kartono pun mengungkapkan bahwa self-acceptance merupakan kemampuan seseorang untuk merasa puas dan menerima dirinya apa adanya termasuk kekurangannya. Pernyataan-pernyataan tersebut dapat membuat kita tidak hanya melihat dari sisi negatif, tetapi juga dari sisi positif. Hal ini bisa membantu kita mengembangkan potensi-potensi yang kita miliki.

Salah satu yang paling mudah adalah apakah kita sudah dapat memvalidasi diri kita sendiri. Validasi bukan hanya sekedar memuji hal positif yang kita miliki, namun validasi bahwa kita merasa cukup dengan apa yang kita miliki baik sekarang, masa lalu, atau pun masa depan.

Ciri-ciri Self-Acceptance
David W. Johnson, seorang psikolog sosial pernah mengungkapkan beberapa ciri seseorang yang dapat menerima dirinya atau self-acceptance, antara lain:

Menerima diri sendiri apa adanya
Disadari atau tidak, menerima diri sendiri itu hal yang tersulit untuk dilakukan. Seringkali kita merasa terlalu banyak kekurangan yang ada dalam diri kita. Terlebih jika kita didiagnosa memiliki suatu penyakit fisik atau psikis tertentu. Tentu hal tersebut semakin sulit membuat kita menerima diri sendiri. Namun, jika kita dapat menerima realita yang ada pada diri kita dengan lapang dada, tentunya kita dapat menerima diri sendiri apa adanya.

Tidak menolak dirinya sendiri
Seseorang yang memiliki jiwa self-acceptance tentunya tidak menolak dirinya sendiri. Dalam artian menyadari, memahami, serta menerima kekurangan dan kelemahan yang ada dalam dirinya. Tidak menafikan kekurangan dan kelemahan yang ada dalam dirinya tersebut.

Memiliki keyakinan untuk mencintai diri sendiri
Saat kita menghadapi realita yang kurang menyenangkan, seringkali kita merasa membutuhkan kehadiran atau cinta dari orang lain. Sementara kita tidak selalu mendapat cinta dari orang lain dan tidak selalu ada orang yang hadir saat kita merasa terpuruk. Padahal yang terpenting adalah cinta dari diri sendiri sehingga kita mampu menerima diri kita.

Tidak perlu merasa sempurna
Jika seseorang memiliki jiwa self-acceptance, orang tersebut tidak perlu merasa sempurna untuk merasa berharga di mata orang lain. Cukup dengan memandang sisi positif yang ada dalam dirinya. Sebab tidak ada manusia yang sempurna.

Mampu menghasilkan kerja yang berguna
Setiap manusia pasti diberikan bakat yang tentunya tidak semuanya sama. Seseorang yang menerima dirinya dengan baik tentu akan menggunakan bakatnya sebaik mungkin. Dengan demikian, orang tersebut dapat bekerja atau menghasilkan karya yang berguna untuk masyarakat di sekitarnya.

Menerima diri sendiri saat kita sedang mengalami suatu yang kurang menyenangkan memang bukanlah hal yang mudah. Perlu waktu dan proses yang tidak sebentar. Banyak hambatan dan rintangan yang harus dihadapi sehingga terkadang membuat kita terpuruk dan sulit untuk menerima diri sendiri. Namun, bukan berarti tidak mungkin untuk menerima diri sendiri ketika sedang terpuruk. Selama kita tidak hanya memandang dari sisi negatif. Selama kita mampu menggali, mengembangkan, dan menggunakan potensi yang dimiliki. Dan selama kita mau mencintai diri kita saat tidak ada seorang pun yang selalu hadir di sisi Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Tag Paragraf dan Ganti Baris pada HTML Lengkap dengan Contoh

Pengertian, Tujuan, dan Karakteristik Perangkat Lunak Secara Lengkap