Mengenal Tag Paragraf dan Ganti Baris pada HTML Lengkap dengan Contoh

Apa itu Tag Paragraf? 

Paragraf merupakan serangkaian kalimat yang terdiri atas satu kalimat pokok dan beberapa kalimat penjelas. Di dalam sebuah dokumen HTML, tentunya terdapat paragraf yang digunakan untuk membangun sebuah wacana (artikel) atau tulisan di dalamnya.


Tag Paragraf memiliki atribut "Align" untuk mengatur posisi perataan sebuah kalimat atau paragraf. Align ini memiliki beberapa option diantaranya left, right, center, justify. 

  1. Gunakan Left untuk mengatur paragraf agar rata ke kiri. 
  2. Gunakan Right untuk mengatur paragraf agar rata ke kanan. 
  3. Gunakan Center untuk rata tengah.
  4. Guanakn Justify untuk rata kiri dan kanan.

Bagaimana penulisan Tag Paragraf? 

Sebuah paragraf pada HTML ditandai dengan pasangan tag penutup dan pembuka. Pembuka pada Tag paragraf <p> menyatakan awal suatu paragraf sedangkan akhir paragraf ditandai dengan tag penutup paragraf </p>.

Penulisan tag paragraf


Penggunaan tag paragraf

Lalu, apa itu Tag Ganti Baris? 

Tag Break Line atau Ganti baris merupakan Tag yang digunakan untuk membuat sebuah baris baru dalam dokumen HTML. Penggunaan tag <br> sama dengan penggunaan tombol “Enter” pada keyboard. Tag <br> adalah single text artinya hanya memiliki tag awal tetapi tidak memiliki tag akhir.

Penggunaan Tag break line dapat digunakan secara bersamaan dengan Tag paragraf, karena sejatinya tag <br> hanya digunakan untuk berpindah ke line berikutnya atau menyisipkan satu line sehingga tulisan seperti kita tekan (enter) pada keyboard.



Penulisan Tag Break Line dalam Tag Paragraf

Penggunaan Tag Break Line


Source : Butuh Script, Nesaba Media.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian, Tujuan, dan Karakteristik Perangkat Lunak Secara Lengkap